Info SehatQ, 5 Alasan Pentingnya Memantau Angka Timbangan Bayi

  • Whatsapp
Info-SehatQ-5-Alasan-Pentingnya-Memantau-Angka-Timbangan-Bayi
Foto dari Canva Pro

Pertumbuhan serta perkembangan bayi harus selalu dipantau secara rutin. Berat badan menjadi salah satu poin perhatian orang tua yang tak boleh diabaikan. Pemantauan angka timbangan bayi harus dilakukan secara berkala dan harus selalu dipastikan naik. Pemeriksaan berat tubuh bayi secara rutin ini akan mendatangkan begitu banyak manfaat.

Manfaat Memantau Berat Bayi

Semua orang tua memang dianjurkan untuk menimbang berat badan bayi setiap bulan. Penimbangan bisa dilakukan di posyandu, tempat praktik dokter, maupun dilakukan sendiri di rumah. Berikut adalah 5 alasan pentingnya melakukan pemantauan berat badan bayi secara berkala:

1. Memantau Penurunan Berat setelah Lahir

Setelah lahir, biasanya bayi akan mengalami penurunan berat badan dalam kisaran 5 hingga 10%. Kondisi ini dianggap sangat normal dan justru menjadi salah satu indikasi bahwa bayi dalam kondisi sehat. Penurunan berat badan setelah bayi dilahirkan disebabkan oleh hilangnya cairan ekstra yang ikut keluar dari dalam perut ibu.

Biasanya, tubuh bayi mengandung cairan sesaat ia dilahirkan. Cairan tersebut kemudian akan menghilang dan membuat bobot tubuh berkurang. Namun, orang tua wajib memberikan perhatian ekstra apabila bobot tubuh yang hilang lebih dari 10%.

2. Melihat Peningkatan Berat Badan

Menimbang bayi secara berkala memiliki manfaat untuk mengetahui seberapa banyak peningkatan bobot tubuh si kecil. Perlu dipahami bahwa peningkatan berat tubuh sangat penting bagi tumbuh kembang bayi. Bayi harus selalu menunjukkan peningkatan berat badan setiap bulan yang menandakan bahwa ia mendapatkan nutrisi lengkap dan bertumbuh dengan baik.

3. Mengetahui Status Gizi

Pemenuhan gizi pada bayi jelas menjadi fokus bagi semua orang tua. Bayi membutuhkan asupan gizi yang lengkap untuk memastikan tubuhnya bertumbuh dan berkembang dengan sempurna. Agar bisa mengetahui apakah si kecil mendapatkan asupan gizi yang cukup maka dibutuhkan pemantauan terhadap bobot tubuhnya.

Peningkatan angka timbangan bayi bisa menjadi petunjuk bahwa asupan gizi yang diterima sudah sesuai dengan kebutuhan. Lain halnya jika bobot tubuh tidak bertambah atau stagnan. Kondisi ini bisa menjadi pertanda bahwa gizi yang diterima oleh bayi belum mencukupi dan membuat tubuhnya tidak bertumbuh secara optimal.

4. Mendeteksi Gangguan Kesehatan Dini

Pemantauan berat badan bayi bisa menjadi cara untuk mendeteksi apabila ada gangguan kesehatan yang dialaminya. Biasanya tenaga kesehatan akan melihat apakah bobot tubuh bayi menunjukkan grafik yang meningkat. Jika grafik berat badan menurun atau stagnan sebanyak 3 kali berturut-turut maka bisa dicurigai adanya gangguan kesehatan.

Grafik berat badan yang tidak bergerak naik dapat disebabkan oleh gangguan kondisi tubuh yang tidak bisa menyerap asupan gizi secara sempurna. Jika berat badan tak kunjung meningkat maka orang tua perlu segera melakukan konsultasi dengan dokter spesialis anak atau DSA. DSA dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui status kesehatan si kecil.

5. Mencegah Obesitas

Pemantauan bobot tubuh juga menjadi salah satu cara untuk mencegah kondisi obesitas atau bobot tubuh berlebih. Obesitas merupakan kondisi yang tak boleh terjadi pada anak karena bisa mengganggu kesehatannya. Kelebihan berat badan akan membuat perkembangan si kecil terhambat. Jika peningkatan berat badan berlebihan maka orang tua harus segera mengendalikannya.

Itulah tadi 5 manfaat yang bisa didapat jika Anda melakukan pemantauan berat badan bayi secara rutin. Jika Anda ingin memiliki timbangan sendiri untuk memantau bobot bayi, maka dapatkan rekomendasi dan review produk dari SehatQ. Temukan juga beragam informasi menarik seputar pengasuhan lewat website SehatQ.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *